Sabtu, 31 Oktober 2020
View: 109 kali
SIMPAN Halaman ini di Account Saya
Istana Maimun

Kunjungan ke Medan tidak akan terasa lengkap jika belum menyambangi Istana Maimun. Bekas istana Kesultanan Deli tersebut didirikan oleh Sultan Mahmud Al Rasyid sejak tahun 1888. Walau sudah berumur tua, Istana Maimun masih tegak berdiri dengan indah.

Ada tiga klasifikasi bangunan dari tempat ini, yakni bangunan induk, bangunan sayap kanan, dan bangunan sayap kiri. Selain eksterior yang hampir menyerupai masjid, istana ini juga terkenal akan desain interiornya yang memadukan unsur Timur Tengah, India, Italia, dan Spanyol. Sembari di sini, jangan lupa mencoba mengenakan pakaian kesultanan untuk momen berfoto yang berkesan.

Lokasi Jl. Sultan Ma'moen Al Rasyid No. 66, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 08.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke Istana Maimun Dari Lapangan Merdeka naik becak motor = Rp5.000


2. Masjid Raya Kota Medan

Dibangun sejak tahun 1906, masjid yang memiliki nama asli Al Mahsun ini tidak hanya elegan namun juga unik. Desain arsitektur dengan perpaduan gaya India, Spanyol, dan Timur Tengah-nya membuat siapa saja terpana.

Selain corak arsitektur, masjid yang sudah berusia ratusan tahun tersebut dinilai istimewa karena berbentuk segi delapan dengan sayap-sayap di berbagai penjuru mata angin. Ketika bulan puasa datang, area destinasi wisata religi ini sering dialihfungsikan menjadi Ramadhan Fair yang dipenuhi dengan pernak-pernik Ramadan yang meriah.

Lokasi Jalan Sisingamangaraja, Kota Medan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Masjid Raya Kota Medan Dari Lapangan Merdeka naik becak motor = Rp5.000
Telepon 0823-1207-2150


3. Graha Santa Maria Velangkanni

Jika dilihat sekilas, Graha Santa Maria Velangkanni menyerupai kuil umat Hindu yang ada di India. Namun demikian, bangunan khas ini sebenarnya adalah gereja Katolik. Berlokasi di daerah Medan Tuntungan, tempat peribadatan ini tidak hanyak menarik para jemaat saja, tetapi juga berbagai wisatawan baik lokal ataupun mancanegara. Walau masih baru berdiri (tepatnya pada tahun 2005), gereja unik ini mempunyai atraksi yang tidak kalah menarik dengan tempat lain.

Didesain oleh seorang tokoh religi penting yang bernama Pastor James Bharataputra S.J., Graha Santa Maria Velangkanni menampilkan detail arsitektur dengan cita rasa seni yang tinggi yang menonjolkan keindahan gaya bangunan Indo-Mogul. Hal yang paling menarik dari tempat ini adalah ornamen dan pewarnaan dinding langsung dengan menggunakan pengerjaan tangan.

Lokasi Jalan Sakura 3 No. 7, Perumahan Taman Sakura Indah, Kelurahan Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 07.00 - 20.00 WIB
Biaya Transportasi ke Graha Santa Maria Velangkanni Dari Istana Maimun naik becak motor = Rp30.000-Rp50.000
Telepon (061) 8201943

4. Merdeka Walk

Jika Anda berencana untuk berjalan santai sembari mencicipi makanan khas Medan, maka mengunjungi Merdeka Walk adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan. Kompleks kuliner yang terkenal ini berada persis di Lapangan Merdeka Kota Medan. Tidak hanya itu, Merdeka Walk juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat tongkrongan anak muda ketika akhir pekan tiba.

Merdeka Walk yang ramai dikunjungi pada malam hari ini, menyajikan pemandangan historis dari bangunan peninggalan Belanda di sekitarnya. Mulai dari Kantor PT Lonsum, Stasiun Medan, hingga Kantor Pos Medan. Pada pagi harinya, Anda bisa memanfaatkan area publik tersebut untuk joging atau aktivitas lainnya yang menguras energi.

Lokasi Jl. Balaikota, Kesawan, Medan Baru, Kota Medan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 Jam
Biaya Transportasi ke Merdeka Walk Dari Masjid Raya Kota Medan naik becak motor = Rp10.000

5. Tjong A Fie Mansion


Tjong A Fie, bangunan berbentuk mansion (rumah besar) ini didirikan oleh saudagar Tionghoa suku Hakka terkemuka bernama Tjong A Fie sejak tahun 1895. Beralihfungsi menjadi sebuah museum, atraksi budaya Kota Medan ini banyak dikagumi oleh penggemar seni yang bertemakan Asia.

Dengan ukuran yang mencapai 8.000 persegi, museum-rumah tersohor di Medan tersebut mencakup 35 ruangan. Ketika pengunjung memasuki Tjong A Fie Mansion, kesan pertama yang mereka rasakan adalah kemegahan desain interior peranakan yang terlihat begitu autentik. Selain itu, perpaduan unsur Melayu, art deco, dan Tiongkok juga membuat penikmat seni selalu terkesima.

Lokasi Jalan Jendral Ahmad Yani No.105, Kesawan, Medan Barat
Tiket Masuk Rp30.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 09.00 - 17.00 WIB
Biaya Transportasi ke Tjong A Fie Mansion Dari Lapangan Merdeka naik becak motor = Rp5.000
Telepon 0813-7516-0031
Website tjongafiemansion.org


6. The Le Hu Garden Medan

Anda dan pasangan tengah mencari tempat romantis bertemakan taman di Medan? Jangan lupa untuk mengunjungi The Le Hu Garden Medan. Di sini, Anda bisa menemukan aneka ragam bunga dan tanaman tropis seperti bunga flamboyan dan kamboja.

Selain menikmati keindahan taman, Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas lain, seperti mengitari danau buatan dengan perahu dan memancing ikan. Ketika perut mulai terasa lapar, Anda bisa menikmati sajian khas lokal sambil menghirup udara segar. Jangan lupa juga untuk berswafoto dengan latar belakang tanaman yang hijau.

Lokasi Jalan Pendidikan, Kabupaten Deli Serdang
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 10.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke The Le Hu Garden Medan Dari Lapangan Merdeka naik becak motor = Rp50.000
Telepon 0813-9603-3188
Website https://thelehugarden.com


7. Menara Air Tirtanadi


Ikon Kota Medan lain yang bisa dibilang worth it untuk dikunjungi adalah Menara Air Tirtanadi. Bangunan tua yang merupakan warisan penjajahan Belanda tersebut dulunya digunakan sebagai tempat penampungan air bagi masyarakat kalangan menengah atas. Kini Menara Air Tirtanadi dimiliki oleh PDAM Tirtanadi, dan pengelola menyediakan tempat air minum yang bisa langsung diminum oleh siapa saja. Jika Anda melintasi atraksi yang satu ini dan merasa kehausan, Anda bisa berhenti sejenak untuk melepas dahaga.

Lokasi Jalan Sisingamangaraja 12, Medan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Senin - Jumat 08.00 - 17.30 WIB
Biaya Transportasi ke Menara Air Tirtanadi Dari Tjong A Fie Mansion naik becak motor = Rp5.000


8. Vihara Gunung Timur


Vihara Gunung Timur menjadi pilihan tempat wisata di Medan berikutnya yang sayang jika dilewatkan. Wihara yang memiliki luas sekitar 5.000 meter persegi tersebut sudah ada sejak tahun 1960. Selama itulah pengunjung dibuat terkesima tatkala melihat arsitekturnya yang menawan, lekat dengan warna merah yang dihiasi detail ala Tiongkok. Secara fengsui, Vihara Gunung Timur mempunyai aura yang bagus karena menghadap ke arah lokasi Sungai Babura.

Lokasi Jalan Hang Tuah No. 16, Polonia Medan, Medan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 08.00 - 17.00 WIB
Biaya Transportasi ke Vihara Gunung Timur Dari Istana Maimun naik becak motor = Rp10.000


9. Pasar Belawan


Bagi Anda yang gemar berbelanja benda antik, jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja di Pasar Belawan. Pasar yang berlokasi di pusat kota Medan (tepatnya di antara Jalan Simalungun dan Jalan Veteran) ini menawarkan aneka ragam kerajinan keramik yang bisa dibilang ramah di kantong , dari mulai guci yang bercorak Tionghoa hingga piring gerabah yang berusia kuno.

Walau murah, produk-produk yang bisa Anda beli di sini memiliki kualitas yang unggul dan tidak gampang pecah. Selain diproduksi secara lokal, produk gerabah tersebut juga didatangkan langsung dari luar negeri seperti Tiongkok dan Singapura.

Lokasi Jln. Pasar Kel. Belawan II Kec. Medan Belawan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 06.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke Pasar Belawan Dari pusat Kota Medan sewa mobil = Rp400.000/hari


10. Kuil Shri Mariamman

Banyak ditinggali oleh komunitas Tamil dari India, membuat Kota Medan dipenuhi oleh kuil Hindu. Salah satu kuil Hindu yang terkenal adalah Kuil Shri Mariamman. Berlokasi di Kampung Madras atau lebih dikenal dengan Kampung Keling, tempat peribadatan ini memiliki menara bertingkat berwarna emas yang menjulang indah. Orang yang melintas di jalan pasti akan langsung terpukau melihat keindahan kuil Hindu India tersebut.

Didirikan pada tahun 1876, kuil ini menjadi Kuil Shri Mariamman ketiga yang ada di Asia Tenggara. Bangunan peribadatan yang sangat disakralkan oleh umat Hindu tersebut juga bisa ditemukan di negara lain yakni Singapura dan Malaysia.

Lokasi Jalan Teuku Umar No. 16, Kelurahan Babura Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal
Tiket Masuk Gratis/sukarela
Jam Buka/Operasional Setiap hari 06.00 - 12.00 WIB / 16.00 - 20.00 WIB
Biaya Transportasi ke Kuil Shri Mariamman Dari Rahmat International Wildlife Museum and Gallery naik becak motor = Rp5.000


11. Air Terjun Dua Warna Sibholangit

Destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan air terjun yang berwarna putih keabuan dan biru ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin melepaskan stres. Perpaduan dua warna yang dihasilkan sebenarnya berasal dari kandungan fosfor dan belerang di dalam air. Uniknya, bagian yang biru terasa lebih dingin daripada bagian putih abu-abu.

Dengan ketinggian mencapai 1.270 meter di atas permukaan laut, atraksi alam ini terlihat begitu menakjubkan. Berjarak 54 kilometer dari pusat kota Medan, Air Terjun Dua Warna Sibholangit bisa ditempuh dengan mobil atau sepeda motor selama hampir dua jam. Selain menikmati air terjun, Anda juga bisa berkemah di area sekitarnya.

Lokasi Bandar Baru, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang
Tiket Masuk Rp25.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Air Terjun Dua Warna Sibholangit Dari pusat Kota Medan sewa mobil = Rp400.000/hari


12. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

Di tempat wisata ini, Anda dan keluarga bisa menyaksikan kumpulan buaya dengan beragam ukuran. Reptil-reptil yang berjumlah lebih dari 2.000 ekor tersebut memang sengaja dikembangbiakkan, serta ditempatkan berdasarkan usianya.

Di tengah tempat penangkaran, terdapat sebuah danau kecil berwarna hijau kegelapan yang berisikan buaya-buaya ganas. Para pengunjung tidak usah khawatir akan keselamatan mereka karena setiap area penangkaran dibatasi pagar berkawat yang kokoh. Proses pemberian makan kepada reptil yang suka agresif ini bisa Anda saksikan di sore hari, tepatnya pada pukul 16:30. Jika Anda ingin memberi makan sendiri, Anda bisa membeli bebek yang disediakan oleh pengelola setempat.

Lokasi Jalan Bunga Raya 2 No. 54, Asam Kumbang, Medan Selayang, Medan
Tiket Masuk Rp6.000 (weekday), Rp8.000 (weekend)
Jam Buka/Operasional Setiap hari 08.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke Penangkaran Buaya Asam Kumbang Dari Graha Santa Maria Velangkanni naik becak motor = Rp10.000

13. Cemara Asri


Pada dasarnya, Cemara Asri bukanlah tempat yang dikhususkan untuk berdarmawisata, melainkan kompleks perumahan yang dijadikan habitat oleh ribuan jenis burung. Spesies binatang terbang yang mendiami Cemara Asri di antaranya adalah bangau, kuntul besar, kuntul kecil, cangak abu, cangak merah, kolak malam kelabu, koreo padi, dan masih banyak yang lainnya.

Perumahan yang sudah ada sejak tahun 1995 tersebut memang dikenal sebagai lingkungan dengan tingkat kebersihan tinggi, sehingga berbagai burung yang disebutkan betah untuk mendiaminya. Menjelang sore, Cemara Asri dipenuhi oleh masyarakat sekitar. Mereka biasanya melakukan kegiatan rutin seperti mengamati burung, hang out, atau berlari kecil.

Lokasi Jl. Cemara Boulevard, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Cemara Asri Dari Tjong A Fie Mansion naik becak motor = Rp10.000


14. Kebun Binatang Medan


Berlokasi di daerah yang disebut dengan Simalingkar B, kebun binatang yang dijadikan alternatif liburan pada akhir pekan ini bisa ditempuh dengan mobil atau motor selama beberapa menit dari Istana Maimun. Di sini, Anda bisa berinteraksi dengan berbagai macam burung, reptil, dan mamalia. Namun, di antara sekian banyak binatang, harimau Sumatra-lah yang menjadi primadona. Ada juga gajah yang khusus untuk dinaiki saja.

Selain melihat binatang, pastikan Anda dan keluarga menjajal area outbond dan flying fox agar liburan menjadi lebih berkesan. Jika Anda membawa anak kecil yang berusia di bawah 5 tahun, disarankan untuk menitipkan mereka di taman bermain setempat. Adapun fasilitas permainan mulai dari jungkat-jungkit hingga wahana mandi bola juga tersedia.

Lokasi Jalan Bungai Rampai Simalingkar, Kecamatan Medan Tuntungan
Tiket Masuk Rp10.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 07.00 - 17.00 WIB
Biaya Transportasi ke Kebun Binatang Medan Dari Graha Santa Maria Velangkanni naik becak motor = Rp10.000


15. Gedung London Sumatra (Losum)


Untuk menyusuri peninggalan kolonial bangsa Eropa di Medan, Anda wajib mengunjungi Gedung London Sumatra. Bangunan warna putih yang menjulang tinggi ini sudah ada sejak tahun 1906, didirikan oleh perusahaan Inggris terkenal pada masanya yakni Harrisons & Crosfield, sebelum kemudian diambilalih oleh pemerintahan Hindia Belanda.

Faktanya, bangunan yang sarat akan nilai sejarah tersebut merupakan gedung pertama yang menggunakan lift di Medan. Kini, Gedung Losum berfungsi sebagai tempat perkantoran. Supaya tidak mengganggu kegiatan perkantoran, sebaiknya Anda mendatangi tempat ini pada akhir pekan.

Lokasi Jalan Ahmad Yani No. 2, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 08.00 - 17.00 WIB
Biaya Transportasi ke Gedung London Sumatra (Losum) Dari Tjong A Fie Mansion naik becak motor = Rp5.000


16. Museum Sumatra Utara


Nuansa etnis berbau Sumatra Utara begitu terasa ketika pengunjung memasuki museum ini. Terdiri dari dua lantai, tempat untuk belajar sejarah Indonesia ini terbagi ke dalam beberapa ruangan, mulai dari ruang untuk pameran utama, ruang audio visual, ruang pameran bersifat sementara (temporer) dan lain sebagainya.

Museum Sumatra Utara memiliki ribuan koleksi yang berjumlah sekitar 6799. Beberapa benda di antaranya adalah arca-arca bersejarah peninggalan zaman Hindu dan Buddha, barang perkakas peninggalan kolonial Belanda, senjata tradisional khas, hingga peralatan komunikasi yang digunakan pada saat penjajahan bangsa Eropa.

Lokasi Jalan Haji M. Joni No.51, Teladan Barat, Medan Kota
Tiket Masuk Rp3.000
Jam Buka/Operasional Selasa - Kamis 08.00 - 04.00 WIB, Jumat - Minggu 08.00 - 03.30 WIB, Senin tutup
Biaya Transportasi ke Museum Sumatra Utara Dari Stadion Teladan Medan naik becak motor = Rp5.000
Telepon (061) 7322220


17. Kesawan Square


Selain bisa bersantai sambil menikmati secangkir kopi di tempat ini, Anda juga bisa menyaksikan gedung bersejarah di sekitarnya, seperti Kantor Pos Besar Medan, Gedung Jakarta Lloyd, Rumah Sakit Tembakau Deli, dan masih banyak yang lainnya.

Area yang sekarang menjadi kawasan pecinan Kota Medan ini mulai menunjukkan suasana ingar dan bingar menjelang malam. Jalanan di sekitarnya diubah menjadi tempat bak pasar yang dipenuhi dengan tenda-tenda makanan. Sambil berkelililing Kesawan Square, pastikan Anda mencoba aneka kuliner yang disajikan, mulai dari masakan tradisional khas Sumatra Utara hingga hidangan khas Tionghoa.

Lokasi Jalan KL Yos Sudarso, Kesawan, Medan Barat, Kesawan, Medan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Kesawan Square Dari Tjong A Fie Mansion naik becak motor = Rp3.000


18. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Rahmat International Wildlife Museum and Gallery merupakan sebuah museum yang menghadirkan beragam binatang hasil buruan yang telah diawetkan. Satwa-satwa yang tidak bernyawa tersebut tidak hanya diperoleh dari Indonesia saja, melainkan dari belahan bumi yang lain seperti Asia, Afrika dan Amerika. Jumlahnya mencapai sekitar 2.000 ekor, semuanya dipajang secara artistik di dalam ruangan bersuhu dingin. Adapun hewan-hewan tersebut meliputi rusa, kambing gunung, komodo, dan lain-lain.

Lokasi Jalan S Parman No. 309, Kelurahan Petisah Hulu, Kecamatan Medan Baru
Tiket Masuk Rp32.000
Jam Buka/Operasional Selasa - Minggu 09.00 - 17.00 WIB
Biaya Transportasi ke Rahmat International Wildlife Museum and Gallery Dari Tjong A Fie Mansion naik becak motor = Rp5.000
Telepon (061) 4569964
Website rahmatgallery.com


19. Balai Kota Lama

Para penggemar bangunan tua nan klasik wajib mengunjungi Balai Kota Lama. Tujuan wisata yang satu ini menampilkan keindahan arsitektur khas Eropa kuno. Dibangun sejak tahun 1908 oleh Hulswit dan Fermont, Gedung Balai Kota Lama Medan menjadi saksi bisu sejarah panjang dari ibu kota Sumatra Utara. Ketika masa penjajahan kolonial Belanda, tempat bersejarah ini sering berfungsi sebagai ajang pertemuan para pejabat tinggi.

Lokasi Jl. Balai Kota No. 1 Medan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Balai Kota Lama Dari Tjong A Fie Mansion naik becak motor = Rp5.000


20. Hillpark Sibolangit


Dinamakan 'Hillpark' karena lokasi taman wisata ini berada di area pegunungan Sibolangit. Diklaim sebagai theme park terbesar di Pulau Sumatra, Hillpark Sibolangit benar-benar menyajikan atraksi yang menarik untuk keluarga maupun anak muda. Destinasi tersebut terbagi ke dalam tiga klasifikasi, yakni Lost City, Heritage, dan Toon Town.

Ketika Anda sudah sampai di sini, jangan lupa untuk menaiki beberapa wahana seru seperti Ferries Wheel (sejenis kincir raksasa) dan Roller Coaster. Selain itu, ada juga sebuah amphiteather berkapasitas 1.200 orang, tempat Anda bisa menyaksikan berbagai macam pertunjukan musik dan konser.

Lokasi Jalan Let. Jend. Jamin Ginting, Kabupaten Deli Serdang
Tiket Masuk Rp50.000
Jam Buka/Operasional Sabtu - Minggu dan Hari Libur 10.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke Hillpark Sibolangit Dari pusat Kota Medan sewa mobil = Rp400.000/hari







PREV:
Mau Berkunjung ke Danau Toba?

NEXT:
Ini Tempat Wisata Menarik di Medan. Sudahkah Anda Berkunjung? (#2)



Lagu Batak Romantis



Album Terbaru Batak,


Artikel Tentang Batak


Info Tentang Wisata dan Hotel di Medan

Arsip Info Tentang Wisata dan Hotel di Medan..





Batak Karaoke
Lagu Dangdut Batak
Lagu POP Indonesia Karaoke
Song Jawa Penyanyi Batak
Song (English)
Lagu Batak Rohani Kristen