Sabtu, 31 Oktober 2020
View: 102 kali
SIMPAN Halaman ini di Account Saya
21. Masjid Al-Oshmani

Selain Masjid Raya Kota Medan, Medan juga memilki destinasi wisata religi yang tidak kalah bagus yakni Masjid Al-Oshmani. Masjid paling tua di kota terbesar ketiga di Indonesia tersebut lebih dikenal dengan sebutan Masjid Labuhan oleh masyarakat setempat, dibangun oleh Sultan Osman Perkasa Alam yang merupakan seorang Raja Deli.

Hal yang paling berkesan pada Masjid Al-Oshmani adalah gaya arsitektur yang memadukan unsur budaya Tiongkok, India, Melayu, Spanyol, dan Timur Tengah. Jika Anda memasuki tempat suci ini, Anda akan disambut oleh pintu yang memiliki ornamen berciri khas Tionghoa yang memesona. Sementara itu, dinding-dinding masjid dengan eksterior berwarna kuning cerah bergaya India.

Lokasi JL Kol Yos Sudarso, Km. 19, 5, Labuhan, Pekan Labuhan, Medan Labuhan, Kota Medan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Masjid Al-Oshmani Dari Lapangan Merdeka naik becak motor = Rp50.000
Telepon (061) 6853484


22. Wonders Water World

Waterpark dengan kualitas yang berskala internasional ini menawarkan berbagai macam wahana air seru yang wajib Anda dan keluarga jajal. Beragam jenis seluncuran dari ketinggian di antaranya adalah Tunnel Twister, Pipe Line, Super Loop, Bullet Bowl, dan Topsy Turvy.

Dari wahana yang disebutkan di atas, Super Loop-lah yang paling ditunggu. Wahana seluncur yang berbentuk tabung dan berwarna merah tersebut memang paling menguji keberanian siapa saja. Anda cukup masuk di dalamnya dan menanti petugas waterpark untuk menekan tombol. Ketika tombol sudah tertekan, Anda langsung meluncur ke bawah tanpa ampun hanya dalam waktu 5 detik.

Lokasi Jalan Padang Golf CBD Polonia, Medan Polonia, Kota Medan
Tiket Masuk Rp80.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 09.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke Wonders Water World Dari Kebun Binatang Medan naik becak motor = Rp5.000
Telepon (061) 80506099
Website www.wonderswaterworld.net


23. Danau Siombak


Walau tidak sebesar Danau Toba, Danau Siombak tetap mempunyai daya magnet tersendiri. Air danau yang jernih dan bersih membuat pesona destinasi wisata ini semakin bertambah. Adapun menurut penduduk sekitar, danau ini tidak terbentuk secara natural, kemunculannya berasal dari bekas galian tanah pada tahun 1980.

Selain menikmati indahnya pemandangan, para pelancong juga bisa menyewa perahu kecil untuk mengitari danau. Jika perut mulai terasa lapar, pastikan Anda singgah di rumah makan sekitar; Anda bisa mencicipi kelezatan ikan segar yang dimasak dengan cara Melayu.

Lokasi Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 08.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke Danau Siombak Dari Lapangan Merdeka naik becak motor = Rp40.000

24. Gereja Lama Medan

Gereja Lama Medan adalah tempat ibadah umat Kristiani Protestan yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya pada tahun 1921. Keunikan gereja ini terletak pada menara berbentuk persegi panjang yang berada di tengah bangunan tua tersebut. Warna cat putih pada bagian eksterior gereja dan warna hitam pada atapnya, menambah kesan klasik yang disukai oleh banyak orang.

Hal menarik lain yang wajib Anda perhatikan dari gereja ini adalah lonceng raksasa yang berada di dalamnya. Agar tidak menggangu khidmatnya peribadatan, para tamu diharuskan melaporkan diri ke sekretariat gereja. Jadwal kunjungan yang dikhususkan untuk wisatawan mulai dari pukul delapan pagi hingga pukul enam sore.

Lokasi Kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 08.00 - 17.00 WIB
Biaya Transportasi ke Gereja Lama Medan Dari Taman Cadika Pramuka naik becak motor = Rp5.000
Telepon 0831-9486-4988


25. Maha Vihara Adhi Maitreya

Sekilas, penampilan Maha Vihara Adhi Maitreya tampak seperti kuil Buddha yang berada di Jepang. Didirikan sejak tahun 1991, Maha Vihara Adhi Maitreya tidak hanya megah tetapi juga elegan. Nilai-nilai artisitik pada kuil ini diperkuat dengan adanya detail interior khas Asia Timur yang menakjubkan. Selain itu, hiasan-hiasan relief yang tertata rapi di setiap sudut wihara menambah keanggunan yang tidak bisa dilupakan. Atraksi lain dari destinasi wisata ini adalah Genta Kebahagiaan seberat tiga ton, patung Buddha, Hakim Bao, dan Dewi Kwan Im.

Lokasi Komplek Perumahan Cemara Asri, Jalan Cemara Boulevard Utara No. 8, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Maha Vihara Adhi Maitreya Dari Lapangan Merdeka naik becak motor = Rp30.000
Telepon (061) 6633300


26. Pantai Gudang Garam


Pantai Gudang Garam mungkin tidak seterkenal pantai-pantai yang ada di Bali dan Pulau Jawa. Namun, pantai yang menghadap Selat Malaka tersebut cukup diminati oleh warga lokal yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang memiliki warna pasir putih atau hitam, Pantai Gudang Garam cenderung berpasir abu-abu.

Pastikan untuk menikmati kesegaran air kelapa sembari memandang laut yang elok. Jika Anda ingin menguji adrenalin, datanglah pada hari Minggu karena wahana banana boat menanti untuk dinaiki. Tiket yang dibanderol untuk permainan air seru ini relatif terjangkau, yakni Rp30.000.

Lokasi Jalan Pantai Gudang Garam, Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin, Serdang Bedagai
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Pantai Gudang Garam Dari pusat Kota Medan sewa sepeda motor = Rp40.000/hari


27. Pantai Cermin

Berlokasi di Kabupaten Serdang Bedagai, pantai yang menyuguhkan keindahan laut Selat Malaka tersebut bisa ditempuh dari Kota Medan dengan memakan waktu selama 2 jam. Perpaduan wisata natural dan buatannya membuat Pantai Cermin selalu menghadirkan pesona kecantikan yang patut untuk diapresiasi.

Untuk menuju ke Pantai Cermin, Anda bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. Jalan yang lumayan lebar dan mulus membuat akses ke pantai tersebut menjadi lebih gampang untuk dilewati. Sepanjang jalan, Anda akan melihat hamparan perkebunan cokelat dan kelapa sawit. Selain bersantai di pantai, Anda juga bisa melakukan hal lain seperti naik speed boat, naik banana boat, dan horse riding.

Lokasi Jln Pantai Rame, Kota Pari, Pantai Cermin, Serdang Bedagai
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Pantai Cermin Dari pusat Kota Medan sewa sepeda motor = Rp40.000/hari


28. Taman Mora Indah


Taman Mora Indah tidak saja menawarkan keseruan bermain air ala waterpark, tetapi juga keindahan taman tropis hijau yang dipenuhi dengan tanaman bunga dan pohon. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi mereka yang membawa anak kecil. Sambil berjalan-jalan menyusuri jalan kecil yang diapit oleh tanaman rindang, Anda bisa menghirup udara segar pagi yang sangat menyejukkan.

Untuk area waterpark, Taman Mora Indah menyediakan beragam wahana air yang seru; salah satunya adalah seluncuran air dengan ketinggian sekitar 20 meter yang pasti membuat adrenalin Anda meningkat. Selain waterpark, ada juga kolam renang yang didesain khusus baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Lokasi Jalan Sisingamangaraja, Bangun Mulia, Medan Amplas, Medan
Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 09.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke Taman Mora Indah Dari Kebun Binatang Medan naik becak motor = Rp10.000
Telepon 0813-7700-2763


29. Taman Sri Deli

Tempat wisata di Medan berikutnya adalah Taman Sri Deli. Pada zaman dahulu, taman berseri ini merupakan tempat nongkrong para putra dan putri dari Kesultanan Melayu Deli. Selain menikmati pemandangan yang hijau, Anda pun bisa belajar sejarah tentang kerajaan-kerajaan yang mendiami Medan.

Keunikan dari Taman Sri Deli terletak pada kolamnya yang berbentuk trapesium. Dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya, taman ini jauh lebih bagus dan tertata. Jika dahulu kolam terlihat kotor dan berwarna cokelat, saat ini kolam tampak jauh lebih jernih dan indah. Fasilitas seperti tong sampah dan bangku-bangku taman juga sudah terpasang dengan rapi.

Lokasi Jalan Sisingamangaraja, Medan Kota, Medan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 07.00 - 21.00 WIB
Biaya Transportasi ke Taman Sri Deli Dari Istana Maimun naik becak motor = Rp3.000


30. Hairos Water Park


Ada beberapa wahana seru yang bisa Anda coba ketika menyambangi Hairos Water Park. Beberapa di antaranya adalah kolam ombak, waterboom, water dancing, dan kolam air terjun. Kolam ombak atau dikenal dengan Wave Pool memberikan sensasi deburan ombak seolah-olah Anda berada di tepi pantai dengan angin sepoi-sepoi.

Adapun water dancing atau kolam air menari merupakan air mancur yang dibuat seolah-olah menari. Air tersebut dipancarkan dari bawah ke atas, lalu dijatuhkan lagi ke bawah. Menariknya, para pengunjung diperbolehkan untuk bergoyang bersama di bawah guyuran air tersebut.

Lokasi Jalan Jenderal Jamin GInting Km. 14.5 Desa Namo Simpur, Kecamatan Pancur Batu
Tiket Masuk Rp50.000 (Hari Libur), Rp35.000 (Hari Biasa)
Jam Buka/Operasional Setiap hari 08.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke Hairos Water Park Dari Lapangan Merdeka naik becak motor = Rp30.000
Telepon (061) 8364999
Website hairos.com


31. Museum Situs Kota Cina

Museum Situs Kota Cina disebut demikian karena berlokasi di Jalan Kota Cina. Walau tidak seperti museum pada umumnya, destinasi wisata ini tetap mempunyai daya tarik tersendiri. Koleksi utama dari Museum Situs Kota Cina adalah artefak yang berasal dari abad ke-12 dan 14 seperti uang kuno, bermacam patung bersejarah, dan keramik. Di tempat ini terdapat juga replika palsu dari arca Buddha Amithaba yang terbuat dari batu granit berwarna putih. Situs Kota Cina juga berfungsi sebagai wisata arkeologi yang memiliki peran penting dalam dunia penelitian.

Lokasi Jalan Kota Cina, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatna Medan Marelan
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari -
Biaya Transportasi ke Museum Situs Kota Cina Dari Lapangan Merdeka naik becak motor = Rp50.000


32. Museum Militer Bukit Barisan

Museum yang didirikan pada tahun 1928 oleh pemerintahan Hindia Belanda ini dulunya adalah sebuah kantor perusahaan asuransi Belanda bernama Arhnehen. Ketika jatuh di tangan pemerintahan Indonesia pada tahun 1947, tempat tersebut dialihfungsikan menjadi kantor Kodam.

Ketika Anda memasuki museum ini, Anda akan disuguhkan beberapa pajangan yang berisi koleksi persenjataan rakyat Sumatra Utara ketika berperang melawan tentara NICA dan sekutu. Selain itu, ada juga relief menarik yang menceritakan bagaimana rakyat setempat berjuang melawan penjajahan Belanda. Sebagai pengingat untuk kecintaan tanah air, Museum Militer Bukit Barisan juga dilengkapi dengan naskah proklamasi, Pancasila, serta UUD 1945.

Lokasi Jl. KH. Zainal Arifin, Kelurahan Petisah, Kecamatan Medan Petisah
Tiket Masuk Sukarela
Jam Buka/Operasional Senin - Jumat 08.00 - 15.30 WIB
Biaya Transportasi ke Museum Militer Bukit Barisan Dari Istana Maimun naik becak motor = Rp5.000
Telepon (061) 4556927


33. Pantai Pondok Permai


Bentangan pasirnya yang berwarna putih bersih dan tersapu ombak laut biru yang tenang, adalah gambaran yang cocok bagi pantai di sebelah timur Kota Medan ini. Suasana semakin teduh tatkala mendengar deburan ombaknya yang lembut dan merasakan sejuknya gemuruh angin laut di pantai ini.

Berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Medan, Pantai Pondok Indah bisa ditempuh dengan kendaraan mobil selama 1,5 hingga 2 jam dari pusat kota Medan. Ketika tiba di lokasi ini, Anda akan melihat jejeran pohon cemara hijau yang cantik. Tidak ketinggalan pula hiasan sampan dan pondok kayu dengan tirai warna-warni. Fasilitas lain yang bisa Anda coba adalah banana boat, sepeda air, dan motorboat.

Lokasi Pantai Pondok Permai, Pantai Cermin Kanan, Pantai Cermin, Kabupaten Serdang Bedagai
Tiket Masuk Rp3.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Pantai Pondok Permai Dari pusat Kota Medan sewa sepeda motor = Rp40.000/hari


34. Air Terjun Sipiso-Piso


Air Terjun Sipiso-Piso memang tidak berada di Kota Medan, tetapi destinasi wisata alam ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Sumatra Utara yang sebenarnya. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, Air Terjun Sipiso-Piso ini menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Tidak mengherankan jika atraksi alam tersebut selalu dibanjiri oleh berbagai wisatawan baik dari dalam negeri ataupun luar negeri.

Untuk menuju ke sini, Anda harus melewati punggung bukit yang menanjak. Meskipun begitu, tidak usah khawatir karena jalur yang Anda lewati berupa anak tangga yang cukup kokoh. Sembari berjalan, jangan lupa menikmati pemandangan perbukitan hijau yang ditumbuhi pohon pinus yang rimbun.

Lokasi Desa Tongging, Merek, Kabupaten Karo
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Air Terjun Sipiso-Piso Dari pusat Kota Medan sewa mobil = Rp400.000/hari


35. Kampung Ladang Outbound


Di Kampung Ladang, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas outbound yang tidak kalah seru. Bergantung dengan flying fox, bermain ATV, bermain paintball, hingga mendayung sampan di atas telaga bisa Anda coba. Fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar tempat ini meliputi tempat karaoke, aula, kamar mandi dan masih banyak yang lainnya. Perut mulai keroncongan? Langsung saja menuju ke rumah makan di tempat ini.

Lokasi Jalan Tuntungan, Pancur Batu, Deli Serdang
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Sabtu dan Minggu 08.00 - 18.00 WIB
Biaya Transportasi ke Kampung Ladang Outbound Dari pusat Kota Medan sewa sepeda motor = Rp40.000
Telepon 0812-6554-0160
Website kampungladang.co.id


36. Kantor Pos Medan


Kantor Pos Medan bukanlah kantor pos biasa. Tempat umum ini banyak memiliki keterkaitan dengan sejarah Kota Medan. Didirikan secara megah pada tahun 1911 oleh pemerintahan kolonial Hindia Belanda, bangunan ini masih menunjukkan keindahan arsitekturnya. Fakta menarik dari tempat ini adalah lokasinya yang berada di titik nol km Kota Medan.

Kantor Pos Medan juga berdekatan dengan atraksi umum Kota Medan yang lain, seperti Merdeka Walk, Hotel Dharma Deli, dan Lapangan Merdeka. Ciri-ciri dari bangunan Belanda bersejarah tersebut identik dengan struktur kubah yang berwarna putih serta jendela-jendela besar berbentuk setengah lingkaran. Menyempatkan diri untuk berswafoto di depan atraksi yang satu ini sangat direkomendasikan ketika menjelajahi Medan.

Lokasi Jalan Pos No.1, Kesawan, Medan Barat
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Senin - Sabtu 08.00 - 15.00 WIB
Biaya Transportasi ke Kantor Pos Medan Dari Istana Maimun naik becak motor = Rp5.000
Telepon (061) 4568940


37. Arung Jeram Sungai Bingei

Bagi Anda yang tidak bisa terlepas dari olahraga ekstrem, alangkah baiknya menguji nyali dengan berarung jeram di Sungai Bingei. Kegiatan rafting di tempat ini bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Standar keamanan yang digunakan sangatlah baik dan pemandu yang dihadirkan juga profesional.

Ketika Anda sudah lengkap dengan atribut rafting dan duduk manis di atas perahu karet, perjalanan menyusuri sungai yang memakan waktu selama dua jam pun bisa dimulai. Pemandangan yang disuguhkan berupa sungai jernih penuh dengan bebatuan, serta pepohonan hijau di samping kanan-kiri sungai.

Lokasi 20 kilometer dari Kota Binjai
Tiket Masuk Rp250.000 per paket
Jam Buka/Operasional Setiap hari
Biaya Transportasi ke Arung Jeram Sungai Bingei Dari pusat Kota Medan sewa sepeda motor = Rp40.000


38. Kawah Putih Dolak Tinggi Raja

Berlokasi di Kabupaten Simalungun, objek wisata yang satu ini menampilkan lahan kawah yang berwarna biru muda. Tidak hanya itu, Anda juga akan terbius akan keindahan batu kapur berwarna seputih salju yang dialiri air panas. Air panas yang dihasilkan dari tempat ini bisa digunakan untuk memasak telur. Untuk berendam dengan air belerang, Anda bisa menuju ke lokasi kedua yang berada di bawah tebing.

Lokasi Desa Dolok, Tinggi Raja, Kabupaten Simalungun
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Kawah Putih Dolak Tinggi Raja Dari pusat Kota Medan sewa mobil = Rp400.000


39. Taman Alam Lumbini

Untuk menyaksikan keagungan kuil bergaya Myanmar tidak perlu jauh-jauh ke Yangon. Pasalnya, di Medan, tepatnya di daerah Barus Jahe, Brastagi, ada sebuah destinasi wisata serupa yang dikenal dengan Taman Alam Lumbini. Berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota, waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mencapai tempat ini adalah kurang lebih dua jam.

Ketika sampai di sini, Anda akan disambut kuil Buddha yang mirip dengan Pagoda Swhedagon di Myanmar. Pagoda bercat emas tersebut dihiasi beberapa elemen pendukung seperti berbagai patung Buddha dan relief berseni tinggi.

Lokasi Kecamatan Barus Jahe, Kabupaten Karo
Tiket Masuk Gratis
Jam Buka/Operasional Senin - Jumat 09.00 - 18.00 WIB, Sabtu - Minggu 09.00 - 20.00 WIB
Biaya Transportasi ke Taman Alam Lumbini Dari pusat Kota Medan sewa mobil = Rp400.000


40. Wisata Tangkahan

Menggali lebih dalam akan alam Sumatra Utara tidak hanya mengeksplorasi danau, pantai, dan air terjunnya saja, melainkan bisa dilakukan dengan menyusuri hutan tropis di Wisata Tangkahan. Nama dari tempat ini tidak hanya populer bagi kalangan wisatawan dosmetik saja, melainkan sudah dikenal hingga pelancong mancanegara. Kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini salah satunya adalah memandikan gajah.

Perlu Anda ketahui bahwa destinasi wisata ini berada di Taman Nasional Gunung Leuser. Waktu yang ditempuh untuk menuju ke sini dari Kota Medan adalah 3 hingga 4 jam dengan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Lokasi Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan, Medan
Tiket Masuk Rp3.000
Jam Buka/Operasional Setiap hari 24 jam
Biaya Transportasi ke Wisata Tangkahan Dari Terminal Pinang Baris naik bus umum = Rp15.000







PREV:
Ini Tempat Wisata Menarik di Medan. Sudahkah Anda Berkunjung? (#1)

NEXT:
-



Lagu Batak Romantis



Album Terbaru Batak,


Artikel Tentang Batak


Info Tentang Wisata dan Hotel di Medan

Arsip Info Tentang Wisata dan Hotel di Medan..





Batak Karaoke
Lagu Dangdut Batak
Lagu POP Indonesia Karaoke
Song Jawa Penyanyi Batak
Song (English)
Lagu Batak Rohani Kristen