Sabtu, 31 Oktober 2020
View: 75 kali
SIMPAN Halaman ini di Account Saya
Orang bermarga selalu identik sebagai orang bersuku Batak dari Sumatera Utara. Sejak zaman nenek moyang hingga sekarang, orang Batak selalu menjunjung tinggi marganya.

Setiap ada dua orang Batak bertemu, pasti menanyakan marganya apa. Kira-kira, kenapa ya marga dianggap sangat penting?

1. Marga menandakan silsilah keturunannya
Bagi orang Batak, marga menunjukkan ia berasal dari silsilah keturunan yang mana. Bagi orang Batak, ini penting karena silsilah adalah identitas orang Batak dalam pergaulan.

2. Marga sebagai bukti penerus keturuna
Hampir sama dengan adat berbagai daerah, anak lelaki Batak diutamakan karena dia akan meneruskan marga keluarganya. Tapi bukan berarti cewek tidak, lho ya. Justru cewek harus dihormati karena perannya sebagai boru (perempuan yang wajib dihargai).

3. Dengan mengenal marganya, orang Batak jadi akrab
Melalui marga, orang Batak dapat menemukan saudara seketurunannya. Dalam hal ini biasanya disebut "ito", dan mereka langsung akrab sekali bertemu.

4. Inilah yang menjadi alasan kenapa orang Batak suka merantau
Merantau adalah kebiasaan orang Batak. Mereka tidak pernah takut ke mana pun. Kenapa? Karena jika di tempat baru, mereka menemukan marga yang sama, mereka akan ditolong oleh orang tersebut, sekalipun baru kenal.

5. Dengan mengenal marganya, orang Batak dapat menentukan jodoh
Kata orang, jodoh itu selalu dihubungkan dengan pilihan hati. Tapi berbeda dengan orang Batak, karena jodoh juga ditentukan berdasarkan marga. Jika ia satu marga dengan seseorang yang dicintainya, maka ia tidak boleh menjalin hubungan dengan orang tersebut.

6. Marga yang sama tidak berarti satu nama, lho
Jika kamu bertemu dengan orang Batak bermarga Simanjuntak, bukan berarti ia hanya semarga dengan Simanjuntak saja. Bisa jadi, ada tiga marga yang sekeluarga dengannya. Begitu juga dengan marga-marga lainnya.

7. Marga juga bisa mendekatkan hati orang yang baru kenal
Dalam adat batak, ada istilah pariban. Misalnya begini, seorang wanita memiliki boru Sitanggang dan ada seorang cowok yang ibunya boru Sitanggang. Hal inilah yang disebut pariban. Jika seseorang bertemu dengan pariban, mereka disebut jodoh dalam adat Batak.

8. Marga juga berkaitan dengan kepentingan biologis
Nenek moyang orang Batak mengatakan bahwa keturunan yang sama, sekalipun tidak satu rahim, akan mengakibatkan suatu hal yang buruk jika berpasangan. Dalam hal biologis, berarti bisa menimbulkan kecacatan pada keturunan selanjutnya.

9. Marga adalah identitas pribadi bagi orang Batak
Bagi orang Batak, silsilah marga sebagai identitas pribadi harus tetap dijunjung tinggi. Tanpa identitas ini, hidup mereka akan sia-sia.

Itulah alasannya kenapa marga dalam adat Batak amat penting. Jika kamu punya teman Batak, jangan lupa menanyakan apa marga mereka ya.







PREV:
Resep Sambal Andaliman

NEXT:
Marga-marga di Mandailing adalah seperti berikut:



Lagu Batak Romantis



Album Terbaru Batak,


Artikel Tentang Batak


Info Tentang Wisata dan Hotel di Medan

Arsip Artikel Tentang Batak..





Batak Karaoke
Lagu Dangdut Batak
Lagu POP Indonesia Karaoke
Song Jawa Penyanyi Batak
Song (English)
Lagu Batak Rohani Kristen