songbatak.com
 
View: 936x

Artikel Tentang Batak
#
MAHALNYA BORU BATAK

Kenapa dikatakan mahal...? Hal yang paling mencolok ialah adanya suatu prosesi dalam adat yang disebut dengan sinamot Apa itu Sinamot? Sinamot  adalah istilah pemberian mahar dari pihak keluarga pria kepada keluarga mempelai wanitanya.

Pemberian sinamot  yang biasanya dalam bentuk uang ini adalah simbol bahwa pihak perempuan menyetujui anak perempuannya dipinang oleh sang calon mempelai lelaki.
Pemberian sinamot sendiri dalam suku batak (batak toba khususnya) ditandai dengan pertemuan antara kedua belah pihak keluarga yang dikenal dengan kegiatan martupol (tunangan). Dalam sesi ini biasanya terjadi tawar menawar antara keluarga pria terhadap tawaran yang diajukan keluarga wanita (ataupun sebaliknya). Sebagian orang yang belum mengenal adat pernikahan suku batak pastinya menyangka bahwa terjadi proses jual beli karena adanya sesi sinamot  ini sendiri, tapi tidak lah bermakna demikian.

Pandangan saya leluhur terdahulu terpikir untuk mengadakan sesi ini dalam proses pernikahan adalah sebagai simbol bahwa martabat wanita dalam suku batak sangat lah dihargai. Tidak sembarang untuk bisa meminang wanita dari suku kami. Begitu banyak tahapan yang harus dilalui sampai dikatakan syah sebuah pernikahan dalam sisi adat maupun agama. Kalau saya pikir sih meski sering memberatkan pihak pria tapi dampak positif bisa dirasakan pasangan yang menikah ini. Rangkaian adat yang ribet ini lah nanti yang membuat  pasangan untuk berfikir lagi jika mau bercerai.

Banyak orang yang dilibatkan, dan memerlukan waktu yang tak sebentar juga untuk mempersiapkannya, tentunya menjadi pertimbangan lebih bagi pasangan yang hendak bercerai. Selain itu serangkaian adat yang banyak ini meiliki tujuannya sendiri yaitu bentuk dari penghormatan dan cinta kasih dari kedua orang tua, saudara sekandung, dan keluarga dekat, dan masyarakat sekitarnya serta mempererat hubungan cinta kasih dan kepedulian kedua orang tua/keluarga, saudara, kerabat dekat dan masyarakat sekitarnya kepada anaknya yang sangat dicintai.

Setelah tahapan marhata sinamot, masuklah ke tahapan-tahapan adat lainnya hingga sampai pada ujung kegiatan yaitu pemberkatan ala agama dan dilanjutan pemberkatan ala adat. Dan tahapan ini juga dibebankan pada pihak pria pembiayaannya. Adakalanya dalam pemberian sinamot  pihak keluarga lelaki sudah memberikan biaya untuk pesta adatnya sekaligus. Tentu hal ini membutuhkan uang yang tak sedikit untuk bisa melangsungkan pernikahan yang benar dari sisi masyarakatnya.

Bagaimana jika tanpa adat? Dalam suku batak sendiri, sekarang ini banyak yang hanya melangsungkan pemberkatan secara gerejawi saja dulu tanpa adat.Tentunya karena terhalang masalah dana untuk membiayai prosesi adat tadi. Namun hal ini menjadi hutang dimana tetap lah harus terlaksana pernikahan secara adat.

Dan selama hal ini belum terjadi ada beberapa larangan dalam masyarakat yang dilarang untuk dilakukan pasangan ini kelak. Misalnya, saat pihak keluarga wanita ada juga yang akan menyelenggarakan acara adat, maka si wanita diperbolehkan hadir namun tidak didampingi suaminya. Hal ini dikarenakan status mereka dalam adat belum syah sebagai suami istri.

Meskipun saat ini sudah terjadi pergeseran nilai dalam menanggapi perkawinan suku batak yang belum melaksanakan adat batak ini , hal ini tetap menjadi buah bibir bagi masyarakat setempat. Hal kompleks yang mesti dilalui dan juga yang menjadi penghambat bagi setiap pasangan yang mau menikah namun belum mempunyai dana cukup sehingga saat menikah usia
sudah dikatakan tidak muda lagi.








Lagu yang sama atau mirip:

1. Cinta Luar Biasa (HODO BIDADARIKU) - Lineker Situmorang
Tikki parjolo huida Ho ito has

2. Dainang - Simenstar Trio
Dang taralusi dihukkupi do boh

3. Boan Ma Au - Putri Silitonga
Tung Mansai Lambok Soaram da h

4. Dongani Au Di Ngolukki - Jen Manurung
Nungnga leleng, sasada au Di p

5. Holan Au Do Mangantusi Ho - Tagor Pangaribuan
Unang be sai lomos roham tu au

6. Hot Bahen Au Diroham - LABESTA TRIO
tu dos tu galas nalaho maputta

7. Dang Mungkin - Artha Sister
Boasama Boasama ito dukkon bot

8. YESUS KEKASIH JIWAKU - SANADA TRIO
Yesus kekasih jiwaku Sungguh k

9. Boanonku Do Ho - Nauli Sister
Sian dia ma mulaionku Lao ma

10. Huhaholongi Do Ho - Marsinta Panggabean
Huhaholongi Doho Sian Ias Ni R

11. SATTABI - Larosa Trio

12. Katakan Sejujurnya (Kalau Dulu Kita Tak Bertemu) - Berlian Hutauruk
Kalau dulu kita tak bertemu

13. Cinta Sadis - Mualta Trio
Haccit do ito Haccit do ito Pa

14. Siboru Na Asing - Jonar Situmorang
Tarnonong au ale ito Dinamanja

15. Sapata Ni Na Tarhirim - Hilman Padang
dang na tarhatahon ahu be arsa

16. Medan Jakarta - Jack Marpaung, Hilman Padang

17. Rade Do Au - Trisna dkk COVER

18. HO DO MANGANTUSI AU - DUET PARNA
Hodo hasian semangat ni ngoluk

19. KUCARI JALAN TERBAIK - Begema 5 batak band
Sepanjang kita masih terus beg

20. Unang Mulak Balging - Andrey Andra Siahaan
nanget nanget sai hudapotton h

21. Bonang Na Rundut - HitaRo Voice
Tarsongon bonang na rundut i

22. Tardapot - Exxiss Trio

23. Kumpulan Chord Kunci Gitar Lagu Batak Terbaru & Terpopuler

24. Salah Do Au - Bonauli Band

25. HOLAN NIPI - Karaoke Batak - ARGHANA TRIO
Ro do au tujolo mi ito Ito h

26. Dos Do Nakkokna - Delago Sianipar
Unang ho mandele jala unang ma

27. Mangadopi Pestami - Putra Pasaribu
Sahat do tuau surat undangan m


* [TOP Lagu Batak Pilihan]
* Artis Batak
* Lagu Ambon Penyanyi Batak
* Batak Karaoke
* Lagu Dangdut Batak
* Song Jawa Penyanyi Batak
* Song (English)
* Lagu Batak Rohani Kristen
* Lagu NATAL Batak




NEXT:
MINUMAN BATAK - TUAK TAKKASAN

PREV:
Friendship dan pardonganon (dalam bahasa batak)

* [TOP Lagu Batak Pilihan]